1. Identitas UPPS
Nama
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Berdiri
1981
Nomor Surat Keputusan (SK)
Keppres No. 36 Tahun 1981 Tentang Pendirian Universitas Tadulako
Jumlah Program Studi (PS)
13 PS Sarjana, 1 PS Profesi, 4 PS Magister
Alamat
Jl.Soekarno Hatta Km.09, Kampus Bumi Tadulako Tondo
No.Telp.
+62 85145555185
Alamat e-mail Kelembagaan
fkip.untad@gmail.com
Website Resmi Lembaga
2. Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi (VMTS)
1) Visi FKIP UNTAD Tahun 2020 – 2045
“FKIP Universitas Tadulako menjadi Fakultas berstandar internasional dalam pengembangan IPTEKS dan Pendidikan Keguruan berwawasan lingkungan hidup”.
2) Misi FKIP UNTAD Tahun 2020 – 2045
- Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, modern, dan berkarakter menuju pencapaian standar internasional dalam pengembangan IPTEKS dan Pendidikan Keguruan yang berwawasan lingkungan hidup.
- Menyelenggarakan penelitian yang bermutu untuk pengembangan IPTEKS dan Pendidikan Keguruan yang berwawasan lingkungan hidup.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai pemanfaatan hasil pendidikan dan penelitian.
- Menyelenggarakan pendidikan profesi guru berwawasan lingkungan hidup.
- Melaksanakan kerjasama nasional dan internasional bidang IPTEKS dan Pendidikan Keguruan.
3) Tujuan FKIP UNTAD Tahun 2020 – 2045
- Meningkatkan kuantitas, dan kualitas pendidikan berstandar internasional dalam pengembangan IPTEKS dan pendidikan keguruan yang berwawasan lingkungan hidup.
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian melalui peningkatan mutu penelitian, publikasi dan inovasi berwawasan lingkungan hidup.
- Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan berdaya guna berdasarkan hasil pendidikan dan penelitian.
- Menghasilkan calon guru dan guru profesional berwawasan lingkungan hidup.
- Meningkatkan kerjasama nasional dan internasional bidang IPTEKS dan Pendidikan Keguruan dalam mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
4) Strategi FKIP UNTAD
Untuk mencapai visi misi VMTS FKIP UNTAD 2045 sejumlah strategi dicanangkan sebagai berikut:
- Meningkatkan akses relevansi dan mutu FKIP untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.
- Meningkatkan kemampuan IPTEKS dan inovasi dalam pembelajaran untuk menghasilkan lulusan kompeten dan profesional.
- Meningkatkan kualitas penyelengaraan penelitian, pengabdian kepada masyarakat (PKM) dan kerjasama.
1. Identitas UPPS
Nama | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Tahun Berdiri | 1981 |
Nomor Surat Keputusan (SK) | Keppres No. 36 Tahun 1981 Tentang Pendirian Universitas Tadulako |
Jumlah Program Studi (PS) | 13 PS Sarjana, 1 PS Profesi, 4 PS Magister |
Alamat | Jl.Soekarno Hatta Km.09, Kampus Bumi Tadulako Tondo |
No.Telp. | +62 85145555185 |
Alamat e-mail Kelembagaan | fkip.untad@gmail.com |
Website Resmi Lembaga |
2. Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi (VMTS)
1) Visi FKIP UNTAD Tahun 2020 – 2045
“FKIP Universitas Tadulako menjadi Fakultas berstandar internasional dalam pengembangan IPTEKS dan Pendidikan Keguruan berwawasan lingkungan hidup”.
2) Misi FKIP UNTAD Tahun 2020 – 2045
- Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, modern, dan berkarakter menuju pencapaian standar internasional dalam pengembangan IPTEKS dan Pendidikan Keguruan yang berwawasan lingkungan hidup.
- Menyelenggarakan penelitian yang bermutu untuk pengembangan IPTEKS dan Pendidikan Keguruan yang berwawasan lingkungan hidup.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai pemanfaatan hasil pendidikan dan penelitian.
- Menyelenggarakan pendidikan profesi guru berwawasan lingkungan hidup.
- Melaksanakan kerjasama nasional dan internasional bidang IPTEKS dan Pendidikan Keguruan.
3) Tujuan FKIP UNTAD Tahun 2020 – 2045
- Meningkatkan kuantitas, dan kualitas pendidikan berstandar internasional dalam pengembangan IPTEKS dan pendidikan keguruan yang berwawasan lingkungan hidup.
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian melalui peningkatan mutu penelitian, publikasi dan inovasi berwawasan lingkungan hidup.
- Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan berdaya guna berdasarkan hasil pendidikan dan penelitian.
- Menghasilkan calon guru dan guru profesional berwawasan lingkungan hidup.
- Meningkatkan kerjasama nasional dan internasional bidang IPTEKS dan Pendidikan Keguruan dalam mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
4) Strategi FKIP UNTAD
Untuk mencapai visi misi VMTS FKIP UNTAD 2045 sejumlah strategi dicanangkan sebagai berikut:
- Meningkatkan akses relevansi dan mutu FKIP untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.
- Meningkatkan kemampuan IPTEKS dan inovasi dalam pembelajaran untuk menghasilkan lulusan kompeten dan profesional.
- Meningkatkan kualitas penyelengaraan penelitian, pengabdian kepada masyarakat (PKM) dan kerjasama.
DOKUMEN
Nomor |
Nomor Butir |
Dokumen/keterangan |
Link Asli |
1 |
– |
Fotokopi SK pendirian
Fakultas/Sekolah Tinggi |
|
2 |
1.2 |
1.2.1. Dokumen
Renstra dan Renop Fakultas/Sekolah Tinggi |
|
1.2.2. SK
pembentukan tim akreditasi (tergantung prodi) |
|||
1.2.3. Dokumen
mekanisme penyusunan VMTS (daftar hadir, notulen rapat, keterlibatan para
pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan
masyarakat) |
|||
1.2.4. Instrumen dan
hasil survey pemahaman VMTS |
|||
1.2.5. SK penetapan VMTS |
|||
3 |
2.1 |
2.1.1. Dokumen SOP yang
terkait tata pamong |
|
2.1.2. Dokumen
pemilihan pimpinan PS dan UPPS |
|||
2.1.3. Dokumen
tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem
penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan. |
|||
2.1.4. Dokumen
struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab. |
|||
2.1.5. Instrumen
penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan |
|||
4 |
2.2 |
2.2.1. Dokumen
pendukung kegiatan kerjasama dalam negeri dan luar negeri dalam bidang
pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan
kelembagaan. |
|
2.2.2. Dokumen MoU
dan MoA kerjasama dalam dan luar negeri |
|||
2.2.3. Dokumen bukti
pelaksanaan kerjasama |
|||
5 |
2.3 |
2.3.1. Dokumen
tentang sistem penjaminan mutu di tingkat Fakultas/Sekolah Tinggi. |
|
2.3.2. Dokumen hasil
audit mutu internal |
|||
2.3.3. Dokumen monev
hasil penjaminan mutu |
|||
2.3.4. Dokumen bukti
tindak lanjut temuan |
|||
6 |
3.1 |
3.1.1. Dokumen
sistem penerimaan/seleksi mahasiswa baru meliputi: |
|
1. Kebijakan
penerimaan mahasiswa baru |
|||
2.
Kriteria penerimaan mahasiswa baru |
|||
3.
Instrumen penerimaan mahasiswa baru |
|||
4.
Sistem pengambilan keputusan |
|||
3.1.2. Dokumen upaya
peningkatan animo calon mahasiswa dalam negeri dan luar negeri. |
|||
3.1.3. Dokumen data
mahasiswa reguler 5 tahun terakhir |
|||
3.1.4. Daftar
lulusan dalam 5 tahun terakhir termasuk IPK lulusan. |
|||
7 |
3.2 |
3.2.1. Dokumen data
program layanan dan pembinaan mahasiswa. |
|
3.2.2. Dokumen laporan
pelayanan kepada mahasiswa, antara lain: |
|||
1. Minat dan
bakat |
|||
2. Bimbingan
konseling |
|||
3. Pembinaan softskill |
|||
4. Keprofesian |
|||
5. Beasiswa |
|||
6. Kesehatan |
|||
3.2.3. Dokumen
kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk
mahasiswa dan lulusan. |
|||
3.2.4. Laporan
pelaksanaan kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja
untuk mahasiswa dan lulusan. |
|||
3.2.5. Dokumen
kegiatan pelacakan lulusan (tracer study) |
|||
8 |
4.1 dan 4.2 |
4.1.1. Dokumen
sistem pengelolaan sumber daya manusia |
|
4.1.2. Pedoman
tertulis tentang rekrutmen, penempatan, pengembangan, retensi, dan
pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan. |
|||
4.1.3. Dokumen sistem
monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga
kependidikan. |
|||
4.1.4. Dokumen hasil
monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan. |
|||
4.1.5. Dokumen
pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan. |
|||
9 |
4.3 |
4.3.1. Instrumen
pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap manajemen SDM. |
|
4.3.2. Dokumen
pelaksanaan pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan. |
|||
4.3.3. Dokumen
tindak lanjut hasil pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan
terhadap manajemen SDM. |
|||
10 |
5.1 |
5.1.1. Dokumen
kebijakan tertulis yang mengatur pemerolehan, pengeloaan dan penggunaan dana. |
|
5.1.2. Dokumen monitoring
dan evaluasi keuangan |
|||
5.1.3. Laporan audit
keuangan |
|||
11 |
5.2 |
5.2.1. Dokumen
pengelolaan prasarana dan sarana |
|
5.2.2. Daftar prasarana
dan sarana pembelajaran |
|||
5.2.3. Dokumen
pemilikan tanah |