Kebijakan
Visi Keilmuan
PSPPKn
Menjadi Penyelenggara pendidikan yang berorientasi pada pembentukan warga negara cerdas, berintegritas dan berwawasan lingkungan hidup.
Tujuan PSPPKn
1. Menghasilkan calon guru pendidikan kewarganegaraan
yang religius, cerdas, dan berdaya saing.
2. Menghasilkan asisten penelitipen didikan
kewarganegaraan yang produktif, berintegritas, dan berdaya guna.
3. Menghasilkan wirausahawan kewarganegaraan yang kompetitif,
berahlak mulia, dan berwawasan lingkungan.
Strategi Pencapaian Tujuan PSPPKn
1. Menghasilkan calon guru pendidikan kewarganegaraan
yang religius, cerdas, dan berdaya saing. |
||
Strategi
Pencapaian |
Indikator |
|
a) Melaksanakan pembelajaran interaktif, kolaboratif |
Presentasi matakuliah yang dikaitkan dengan
lingkungan hidup |
|
b) Menggunakan pendekatan case method dan team based project dalam pembelajaran dengan bobot tertentu. |
Persentase mata kuliah yang menggunakanmetode pembelajaran pemecahan kasus (case method) ataupembelajaran kelompok berbasis projek (team based project) dalam pembelajaran dengan bobot tertentu. |
|
c) Mendorong mahasiswa mengikuti pertukaran |
Jumlah mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar |
|
2. Menghasilkan asisten peneliti pendidikan
kewarganegaraan yang produktif, berintegritas, dan berdaya guna. |
||
a) Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dosen. |
Jumlah mahasiswa yang telibat dalam penelitian dosen |
|
b) Melaksanakan kegiatan berskala nasional badan
internasional. |
Jumlah seminar nasional/internasional |
|
c) Melaksanakan pelatihan karya tulis ilmiah. |
Jumlah kegiatan pelatihan karya tulis ilmiah |
|
d) Mendorong mahasiswa mempublikasikan karya pengembangan keilmuan pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan. |
Jumlah publikasi mahasiswa pada jurnal nasional/internasional |
|
e) Menyelenggarakan kolaborasi riset, penulisan |
Jumlah seminar nasional/internasional. |
|
f) Membuat dan melaksanakan kesepahaman |
Jumlah penelitian kerjasama dengan mitra. |
|
3. Menghasilkan wirausahawan kewarganegaraan yang
kompetitif, berahlak mulia, dan berwawasan lingkungan |
||
a) Mengadakan matakuliah kewirausahaan secara teori dan
praktik |
Jumlah matakuliah pendukung kewirausahaan |
|
b) Mendorong mahasiswa mengikuti kegiatan/kompetisi
kewirausahaan. |
Jumlah
mahasiswa mengikuti seminar kewirausahaan |
|
c) Mendorong mahasiswa mengikuti magang kewirausahaan |
Jumlah
mahasiwa berwirausaha |
Dokumen
Program
Studi |
|||
No. |
Nomor Butir |
Dokumen Keteranagan |
Link
Asli |
12 |
– |
·
SK ijin operasional PS |
|
·
SK dan sertifikat akreditasi PS sebelumnya |
|||
13 |
1.1 |
1.1.1
Dokumen renstra dan renop PS |
|
1.1.2
SK tim akreditasi/taskforce |
|||
1.1.3
Dokumen mekanisme penyusunan visi keilmuan dan tujuan PS (daftar hadir,
notulen rapat, keterlibatan para pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa,
tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat) |
|||
1.1.4
Dokumen penyusunan visi keilmuan dan keselarasan dengan visi kelembagaan UPPS
dan PT. |
|||
1.1.5
Instrumen, pelaksanaan dan hasil survei visi keilmuan dan tujuan PS. |
|||
1.1.6
Dokumen strategi pencapaian visi keilmuan dan tujuan PS. |
|||
1.1.7
SK penetapan visi keilmuan PS |