Kebijakan Kurikulum PS dan Perangkat Pembelajaran
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tanggal 17 Januari 2012 tentang KKNI Pasal 4
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2015 tanggal 22 April 2015 tentang Statuta Universitas Tadulako, Pasal 12
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2017 Tanggal 13 Juni 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Tadulako pasal 62.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 4.
- Peraturan Rektor Universitas Tadulako Nomor 08 Tahun 2020 Tanggal 31 Juli Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Program Sarjana Universitas Tadulako.
- Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 5924/UN28/KL/2014 Tanggal 30 September 2014 tentang Pembentukan Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sumber Belajar (PUSBANG-KSB) pada LPPMP.
- Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 2934/UN28/KP/2013 Tanggal 12 Juni Tahun 2013 tentang penetapan Siklus Peninjauan Kurikulum dalam Lingkungan Universitas Tadulako.
- Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 4166/UN28/KP/2019 Tanggal 14 Mei Tahun 2019 Tentang Rencana Strategis (RENSTRA) Universitas Tadulako Tahun 2020-2024.
- Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 5398/UN28/AK/2020 Tanggal 03 Agustus 2020 Tentang Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Tadulako.
- Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 5528/UN28/KP/2020 Tanggal 10 Agustus 2020 Tentang Petunjuk Teknis Implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Universitas Tadulako.
- Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk mendukung MBKM.
Kebijakan Pelaksanaan Pembelajaran
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 10-16
- Peraturan Rektor 5942/UN28/KP/2014 Tanggal 01 Oktober tahun 2014 tentang Prinsip-Prinsip Pelaksanaan Kebebasan Mimbar Akdemik, dan Otonomi Keilmuan.
- Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 7420/UN28/AK/2017 tanggal 15 Desember 2017 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako mengenai Standar Proses Pembelajaran.
- Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 1140/UN28.1.2/KL/2018 tanggal 25 Mei 2018 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FKIP Universitas Tadulako mengenai Standar Proses Pembelajaran.
Kebijakan Penilaian Pembelajaran
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2015 pada Standar Penilaian Pembelajaran Pasal 19
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 21 – 27
- Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 7420/UN28/AK/2017 Tanggal 15 Desember 2017 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako mengenai Standar Penilaian Pembelajaran.
- Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 1140/UN28.1.2/KL/2018 Tanggal 25 Mei 2018 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FKIP Universitas Tadulako mengenai Standar Penilaian Pembelajaran.
- Peraturan Rektor Nomor 7 Tahun 2020 Tanggal 30 Juli 2020 tentang Pedoman dan Peraturan Akademik Universitas Tadulako Tahun 2020-2021.
- Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 3163/UN28.1/TU/2020 Tanggal 21 Desember 2020 tentang Penetapan Panduan Akademik FKIP Universitas Tadulako 2020-2021.
Kebijakan Pembelajaran Mikro
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 7
- Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru pasal 1 dan pasal 3
- Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pasal 2 sampai pasal 5
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Pasal 1 Ayat 1 dan Pasal 4.
- Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 7420/UN28/AK/2017 Tanggal 15 Desember 2017 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako mengenai Standar Isi, Proses, Penilaian, dan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran.
- Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 1140/UN28.1.2/KL/2018 Tanggal 25 Mei 2018 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FKIP Universitas Tadulako mengenai Standar Isi, Proses, Penilaian, Dan Sarana dan Prasarana Pembelajaran.
- Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 1235 /UN28.1/TU/2020 Tanggal 14 Juli 2020 tentang Penetapan Buku Panduan Pembelajaran Mikro/Microteaching FKIP Universitas Tadulako 2020-2021.
Kebijakan Pembimbingan Mahasiswa
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2015 pada Standar Penilaian Pembelajaran Pasal 19
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 21 – 27
- Peraturan Rektor Universitas Tadulako Nomor 7 Tahun 2020 Tanggal 30 Juli 2020 tentang Pedoman dan Peraturan Akademik Universitas Tadulako Tahun 2020-2021.
- Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 3163/UN28.1/TU/2020 Tanggal 21 Desember 2020 tentang Penetapan Panduan Akademik FKIP Universitas Tadulako 2020-2021.
- Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 1458/UN28.1/TU/2019 Tanggal 2 Juli Tahun 2019, tentang Panduan Penulisan Karya Ilmiah FKIP Universitas Tadulako 2020.
Kebijakan Suasana Akademik
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2015 pada Standar Penilaian Pembelajaran Pasal 19
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 21 – 27
- Peraturan Rektor 5942/UN28/KP/2014 Tanggal 01 Oktober 2014 tentang Prinsip-Prinsip Pelaksanaan Kebebasan Mimbar Akdemik, dan Otonomi Keilmuan.
- Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 7420/UN28/AK/2017 Tanggal 15 Desember 2017 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako Mengenai Standar Suasana Akademik.
- Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 1140/UN28.1.2/KL/2018 Tanggal 25 Mei 2018 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FKIP Universitas Tadulako mengenai Standar Suasana Akademik.
Kebijakan Kepuasan Mahasiswa
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 61;
- Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi pasal 23 Ayat 4 dan 5;
- Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformsi Birokrasi RI Nomor 15 tahun 2014 tetang Pedoman Standar Pelayanann
- Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 8019/UN28/KP/2020 Tanggal 22 Desember 2020 tentang Penetapan Panduan Monitoring Dan Evaluasi pada LPPMP bab 2 bagian c butir 2 dan 3
- Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 7420/UN28/AK/2017 Tanggal 15 Desember 2017 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako Mengenai Standar Suasana Akademik.
- Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 1140/UN28.1.2/KL/2018 Tanggal 25 Mei 2018 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FKIP Universitas Tadulako mengenai Standar Suasana Akademik.
Dokumen
Nomor |
Nomor Butir |
Dokumen/Keterangan |
Link Asli |
21 |
6.1 |
6.1.1. Dokumen kebijakan pengembangan kurikulum |
|
|
|
6.1.2. Dokumen analis dan evaluasi pemutahiran kurikulum |
|
|
|
6.1.3. Bukti keterlibatan
berbagai pihak (dosen, mahasiswa, alumni, stakeholder, asosiasi, kesepakatan
prodi sejenis) dalam pengembangan kurikulum PS. |
|
|
|
6.1.4. Dokumen kurikulum (profil lulusan, CPL, bidang kajian,
daftar mata kuliah, dan perangkat pembelajaran) |
|
|
|
6.1.5. RPS mata kuliah |
|
|
|
6.1.6. Contoh soal ujian dalam satu tahun terakhir untuk lima
mata kuliah keahlian berikut RPS. |
|
|
|
6.1.7.Dokumen bukti
dukungan UPPS dalam pengembangan kurikulum PS |
|
|
|
6.1.8. Dokumen bukti kurikulum mendukung kebijakan MBKM |
|
|
|
||
|
|
6.1.10. Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan kurikulum PS |
|
22 |
6.2 |
6.2.1. Dokumen pelaksanaan tridarma |
|
|
|
6.2.2. Dokumen tentang kebebasan akademik, kebebasan mimbar
akademik, dan otonomi keilmuan |
|
|
|
6.2.3. Dokumen sistem pengembangan suasana akademik |
|
|
|
6.2.4. Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pembelajaran |
|
|
|
6.2.5. Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian
dan PkM |
|
23 |
6.2.2 |
6.2.2.1. Data hasil penelitian
dan PkM yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran |
|
|
|
6.2.2.2. Dokumen bukti integrasi |
|
24 |
6.2.0 |
6.2.3.1. Dokumen mekanisme monitoring perkuliahan (kehadiran
dosen dan mahasiswa) |
|
|
|
6.2.3.2. Data dan bukti
hasil monitoring perkuliahan |
|
|
|
6.2.3.3. Dokumen tindak
lanjut hasil monitoring perkuliahan dalam rangka meningkatkan kualitas
pembelajaran |
|
25 |
6.3 |
6.3.1. Dokumen panduan penilaian pembelajaran |
|
|
|
6.3.2. Dokumen pelaksanaan
penilaian pembelajaran sesuai yang ditetapkan dalam kurikulum |
|
|
|
6.3.3. Dokumen sistem informasi dalam proses penilaian
pembelajaran. |
|
26 |
6.4 |
6.4.1. Dokumen tertulis terkait pembelajaran mikro dan teknis
pelaksanaannya. |
|
|
|
6.4.2. Bukti
ketersediaan dan kelayakan prasarna dan sarana dalam pembelajaran mikro |
|
|
|
6.4.3. Instrumen penilaian pembelajaran mikro |
|
|
|
6.4.4. Dokumen bukti
pelaksanaan pembelajaran mikro |
|
|
|
6.4.5. Data rekaman
pembelajaran mikro |
|
27 |
6.5.2.1 |
6.5.2.1.1. Dokumen bukti
pembimbingan akademik, topik bimbingan, jumlah mahasiswa bimbingan dan
frekuensi pertemuan. |
|
|
|
6.5.2.1.2. Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan
akademik. |
|
28 |
6.5.2.3 |
6.5.2.1.2. Dokumen bukti pembimbingan magang
kependidikan, topik bimbingan, jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi
pertemuan |
|
29 |
6.5.2.5 |
6.5.2.5.1. Dokumen panduan tugas akhir, skripsi, tesis dan
disertasi |
|
|
|
6.5.2.5.2. Dokumen bukti
pembimbingan tugas akhir/skripsi, tesis dan disertasi. |
|
|
|
6.5.2.5.3. Data jumlah
mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan dalam 3 tahun terakhir di semua
PS |
|
|
|
6.5.2.5.4. Dokumen sistem informasi dalam proses
pembimbingan tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi. |
|
30 |
6.6.2.1 |
6.6.2.1.1. Dokumen kegiatan akademik diluar perkuliahan yang
dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS.. |
|
|
|
6.6.2.1.2. Dokumen laporan pelaksanaan kegiatan |
|
31 |
6.6.2.2 |
6.6.2.2.1. Dokumen kegiatan dosen tamu dan tenaga ahli yang
dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS. |
|
|
|
6.6.2.2.2 Dokumen laporan pelaksanaan kegiatan |
|
32 |
6.7 |
6.7.1 Instrumen survei kepuasan mahasiswa dalam kinerja
mengajar, layanan administrasi akademik, dan prasarana dan sarana |
|
|
|
6.7.2 Dokumen
pelaksanaan survei kepuasan mahasiswa |
|
|
|
6.7.3 Hasil survei
kepuasan mahasiswa |
|
|
|
6.7.4 Dokumen tindak lanjut pengukuran kepuasan
mahasiswa |