WORKSHOP PEMBELAJARAN DARING PROGRAM STUDI PPKn FKIP UNIVERSITAS TADULAKO TAHUN 2019

0 Comments

PPKn.FKIP.Untad.ac.id- Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Telah Melaksnaakan Workshop tentang Pembelajaran Daring, sabtu (06/04). Kegiatan ini dipandu oleh Faizal Mahasiswa PPKn, Pemateri pada Workshop kali ini yaitu Moh. Syarif Abdul Syukur, S.Pd., M.Pd Serta peserta pada kegiatan ini yaitu dosen-dosen serta mahasiswa Program Studi PPKn.
Moh. Syarif Abdul Syukur, S.Pd.,M.Pd Menjelaskan beberapa Sistem dalam pembalajaran daring salah satunya yaitu Sistem Pembelajaran Daring (SPADA). SPADA adalah implementasi Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu.
Dengan sistem pembelajaran daring, SPADA Indonesia memberikan peluang bagi mahasiswa dari satu perguruan tinggi tertentu untuk dapat mengikuti suatu mata kuliah bermutu tertentu ketika Pengajar sedang melalukan perjalanan dinas dll. Sehingga, hasil belajarnya dapat diakui sama oleh perguruan tinggi dimana seperti pembelajaran mahasiswa di dalam kelas.
SPADA Indonesia menawarkan 3 (tiga) program yaitu:
1. Materi Terbuka, yaitu menyediakan materi mata kuliah yang disajikan secara online dalam berbagai bentuk media agar dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen kapan saja dan dimana saja.
2. Mata Kuliah Terbuka, yaitu sistem pembelajaran daring satu mata kuliah utuh yang memungkinkan untuk dapat digunakan oleh dosen terkait sebagai mata kuliah daring untuk diselenggarakan dalam pembelajaran.
3. Mata Kuliah Daring, yaitu mata kuliah dalam bentuk pembelajaran daring utuh, yang siap ditawarkan oleh salah satu PT penyelenggara kepada PT lain (PT mitra) untuk dapat diikuti oleh mahasiswa PT mitra sebagai wahana alih kredit (credit transfer) dan nilai yang diperoleh mahasiswa dari PT penyelenggara dapat di transfer (credit transfer) di PT di mana mereka terdaftar.
SPADA Indonesia telah bekerjasama dengan 51 Perguruan Tinggi, yang selanjutnya, SPADA Indonesia terbuka bagi seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *