Mengenali Kenakalan Remaja Melalui Pratikum Mata Kuliah Kriminologi

PPKn-UNTAD.ac.id-Tingginya kenakalan remaja, khususnya para pelajar membuat sebagian sekolah ekstra tegas dalam menerapkan displin kepada para anak didiknya. Sistem pergaulan dan lingkungan sekitar di luar menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kenakalan remaja. Dengan memberikan berbagai macam kegiatan positif, baik di sekolah maupun dirumah, diharapkan para pelajar penerus bangsa mampu mengendalikan pergaulan mereka untuk tidak terlibat dalam hal-hal yang kurang baik.

Hal inilah yang dilakukan sebagian besar sekolah menegah di Kota Luwuk Sulawesi Tengah. Saat melakukan kunjungan di beberapa sekolah menengah 26 hingga 28 April lalu, mahasiswa PPKn yang tergabung dalam pratikum mata kuliah kriminologi menemukan, kenakalan remaja yang tidak ditangani sejak dini, maka akan berakibat pada tingkat kriminalitas pelajar.

“Kami dibagi dalam 10 kelompok, setiap kelompok akan melakukan wawancara dan mencari data di sekolah, terkait tentang kenakalan remaja, yang tentunya tidak lepas dari materi mata kuliah kriminologi. Pratikum mata kuliah ini cukup bagus, karena dengan demikian kita dapat mengetahui secara langsung, antara teori dan kenyataan yang ada di lapangan” ungkap salah seorang mahasiswa PPKn, Zulfikar (tim).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*